Pemda Prioritaskan Pengembangan Aspal Buton PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Tim Pengelola Website   
Kamis, 21 Maret 2013 06:50

 

Pasarwajo, Siapa tak kenal Buton sebagai daerah penghasil aspal? Aspal telah menjadi ikon Kabupaten Buton sejak dulu kala. Tak dapat dipungkiri, daerah ini memiliki deposit aspal alam yang terbesar di dunia yaitu sekitar 700 Juta Ton yang tersebar di beberapa wilayah di Pulau Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Aspal batuan alami hanya terdapat di dua tempat di dunia yaitu di Pulau Buton Indonesia dan Trinidad & Tobago Amerika Tengah. Sadar betul akan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Buton di bawah kepemimpinan Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun, SH dan wakilnya Drs. La Bakry, M.Si memprioritaskan pembangunan sektor pertambangan aspal sebagai salah satu penyumbang terbesar PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Buton. Bupati Buton meyakini jika deposit aspal Buton sebesar 700 Juta Ton dikalikan 300 Ribu saja pertonnya berarti Buton memiliki dana 210 Triliun Rupiah. Hal ini tentu menjadi sumber devisa negara dan pundi-pundi PAD yang sungguh luar biasa yang apabila dikelola dengan baik berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat Buton. Oleh karena itu, Pemda membuka diri terhadap para investor yang tertarik menanamkan modalnya untuk pengembangan aspal Buton lebih baik lagi.

 

Selain itu, salah satu bentuk komitmen Pemkab Buton adalah dengan memanfaatkan Asbuton untuk pembenahan dan pembangunan infrastruktur jalan & jembatan di wilayah Kabupaten Buton. Hal ini menjadi salah satu skala prioritas dalam RPJMD Kabupaten Buton Tahun 2012-2017.


alt

 

Data satelit menunjukkan cadangan aspal Buton sangat besar dengan kadar aspal bervariasi antara 10% dan 50% dengan lokasi tersebar dari Teluk Sampolawa s/d Teluk Lawele sepanjang 75 Km dengan lebar 27 km. Dari eksplorasi yang dilakukan di Wilayah Lawele Kecamatan Lasalimu pada 132 titik pengeboran diperoleh hasil, ketebalan asbuton berkisar antara 9 meter sampai 45 meter atau ketebalan rata-rata 29,88 meter dengan tebal tanah penutup 0 - 17 meter atau rata-rata tebal tanah penutup 3,47 meter pada luas daerah sebaran deposit asbuton sekitar 1,5 Juta M2. Cadangan terbesar aspal Buton terdapat di Wilayah Lawele yaitu sebesar 210 Juta Ton yang sebagian besar berkadar bitumen di atas 25 %. Wakil Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si optimis, jika dikelola dengan baik nantinya dapat bersaing dan unggul di pasar regional, nasional bahkan internasional. Dengan demikian akan berbanding lurus dengan tercapainya kesejahteraan masyarakat Buton secara menyeluruh.


(Humas Setda Kab. Buton)

 


Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 21 Maret 2013 07:10
 

Potensi Daerah

Potensi Pariwisata

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perindustrian

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Kehutanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Peternakan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perkebunan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perikanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Pertambangan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Suara Warga

Admin Pusat Pelatihan Aparatur Negara
Salam Hangat Kami bermaksud untuk Mengadakan BIMTEKNAS. sebagai informasi bisa kunjungi web kami www.infoppan.com dan kami bermaksud untuk mengirimkan panflet di setiap kabupaten kota. terima kasih sebesar-besarnya Hormat kami PPAN
Kamis, 15 May 2014
samsul
tolong diperbaruhi situs ini tiap minggunya... bair ada berita terbaru yang membuat pembaca sering membukan situs ini...
Senin, 28 April 2014