UPAYA PELESTARIAN HUTAN MANGROVE DI TELUK LASONGO PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Tim Pengelola Website   
Senin, 04 November 2013 10:00

lasongko1 Teluk lasongko merupakan salah sebuah teluk di kawasan kabupaten buton tepatnya di kecamatan lakudo, walauun sesungguhnya teluk lasongko berada di dua kecamatan yakni lakudo sekitar 75 % dan kecamatan mawasangka sekitar 25 %.


Teluk lasongko yang mempunyai luas sekitar 13,6 persegi ini memiliki potensi yang sangat besar. Hampir keseluruhan ekosistem pesisir ada di sana, diantaranya padang lamun dan terumbu karang.selain itu kekayaan alam laut yang melimpah di teluk lasongko juga tidak terlepas dari adanya kawasan hutan mangrove. Seperti kita ketahui hutan mangrove adalah hutan tropis yang hidup dan tumbuh di sepanjang pantai berlumpur atau berpasir dan selalu digenangi air laut secara berkala memiliki peran yang sangat penting karena merupakan suatu ekosistem dengan multi fungsi yang penting bagi kehidupan. Huttan mangrove merupakan sumber kehidupan bagi biota-biota laut utamanya ikan, kepiting, udang dan biota laut lainnya.


Melihat betapa pentingnya ekosistem hutan magrove bagi kehidupan manusia dibutuhkan kesadaran dalam menjaga keseimbangan kelestarian ekosistem mangrove. Dibutuhkan strategi yang efektif dalam rangka perencanaan dan pengelolaan pembangunan ekosistem hutan mangrove.


lasongko2 Upaya- upaya pelestarian hutan mangrove telah dilaksanakan pemerintah kabupaten.buton diantaranya melakukan langkah-langkah pembinaan dan penyuluhan. Kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kesadaran kepada masyarakat sekitar teluk lasongko akan pentingnya pelestarian kawasan hutan mangrove. Ini sangatpenting, mengingat kerusakan hutam mangrove paling parah disebabkan oleh perilaku manusia. Untuk semakin meninngkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan hutan mangrove, pemerintah kab.buton baru-baru ini tepatnya 04 november 2013 lalu mengundang iwan fals yang merupakan musisi legendaris indonesia yang peduli akan kelestarian lingkungan utamanya pelestarian pohon, bersama-sama pemerintah dan masyarakat desa teluk lasongko melakukan penanaman pohon bakau di kawasan hutan mangrove teluk lasongko. Sebagai musisi yang memiliki jutaan penggemar iwan fals diharapkan dapat menjadi contoh atau role model bagi masyarakat agar peduli akan kelestarian lingkungan utamanya hutan mangrove.


Namun demikian faktor terpenting dalam upaya pelestarian hutan mangrove khususnya di kawasan teluk lasongko yakniadanya kesadaran masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam mengelola sekaligus mempertahankan ekosistem hutann mangrove secara terus menerus dengan mempertimbangkan aspek kelestarian lingkungan hidup.


Dalam pengelolaan utan mangrove di kawasaan teluk lasongko, masyarakat telah berperan serta dalam menyusun proses perencanaan dan pengelolaan hutan mangrove secaara lestari. Dengan pola pengelolaan berbasis masyarakat, siharapkan setiap rumusan perencanaan muncul dari masyarakat. Dalam pengelolaan ini dikembangkan metode-metode sosial budaya masyarakat setempat yang bersahabat dengan lingkungan ekosistem hutan mangrove dalam bentuk pertemuan secara berkala oleh, dari dan untuk masyarakat yang di isi dengan penyuuhan, penerangan untuk membangkitkan kepedulian masyrakat dalam berperan serta dalam mengelola hutan mangrove.

 

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 19 November 2013 04:26
 

Potensi Daerah

Potensi Pariwisata

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perindustrian

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Kehutanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Peternakan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perkebunan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perikanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Pertambangan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Suara Warga

Admin Pusat Pelatihan Aparatur Negara
Salam Hangat Kami bermaksud untuk Mengadakan BIMTEKNAS. sebagai informasi bisa kunjungi web kami www.infoppan.com dan kami bermaksud untuk mengirimkan panflet di setiap kabupaten kota. terima kasih sebesar-besarnya Hormat kami PPAN
Kamis, 15 May 2014
samsul
tolong diperbaruhi situs ini tiap minggunya... bair ada berita terbaru yang membuat pembaca sering membukan situs ini...
Senin, 28 April 2014